Sunday, September 23, 2012

Danrem: Lebih 100 Pucuk Senpi Ilegal Masih Beredar

Danrem: Lebih 100 Pucuk Senpi Ilegal Masih Beredar

LHOKSEUMAWE - Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa, Kolonel Inf A Rachim Siregar mengatakan, saat ini pihaknya mendeteksi sekitar 100 pucuk senjata ilegal masih beredar di kalangan orang tidak berhak.

“Sekitar 100 pucuk lebih senjata dari beberapa kabupaten/kota di wilayah Korem Lilawangsa belum dikembalikan oleh si pemegangnya secara diam-diam,” kata Danrem Kolonel Inf A Rachim Seregar menjawab wartawan, di sela-sela menunggu kedatangan Menristek Dr Gusti Muhammad Hatta di Bandara Malikussaleh Aceh Utara, Sabtu (22/9).

Danrem mengatakan, senjata illegal tersebut adalah sisa masa konflik yang belum habis dikembalikan. “Sekarang yang sudah disita di Korem adalah 34 unit senjata jenis AK, M16, pistol FN, pistol Colt dan beberapa jenis senjata lainnya,” imbuh Danrem.

Menurut A Rachim Sireger, diketahuinya jumlah senjata masih tersisa 100 pucuk lebih berdasarkan informasi akurat diterima Korem dari beberapa kabupaten/kota di jajarannya. “Baru-baru ini, bulan Agustus TNI di Aceh Tengah dan Bener Meriah, menyita empat pucuk senjata yang terdiri dari M16, AK, dan pistol FN, serta amunisi. Dua pucuk di antaranya senjata standar, disita dari kelompok narkoba,” ungkap Danrem.

Danrem juga menyatakan, pihak keamanan tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat yang masih memiliki senjata untuk segera menyerahkannya kepada pihak berwajib. Boleh diserahkan kepada TNI, boleh juga kepada polisi demi terciptanya keamanan di daerah. “Bagi yang menyerah atas kesadaran sendiri akan mendapat kebebasan dari hukum, namun bagi penyimpan senjata yang tak menyerahkan kalau ditemukan nanti akan terjerat UU tahun 1951 sangat berat hukumannya,” tegas Danrem.

Ditanya tentang insiden pelemparan granat ke kediaman Bupati Bireuen tiga hari lalu, Danrem mengatakan, insiden itu memang sedikit mengusik keamanan. Namun, kata dia, tamu luar daerah yang ingin ke Aceh tidak perlu khawatir dengan kejadian itu. “Kami sebagai penjaga keamanan TNI/Polri menjamin keamanan bagi tamu. Aceh dalam kondisi aman dan kondusif,” kata Danrem.(ib)

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2011 Pilkada Aceh - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore