Monday, June 11, 2012

Rasisme di Euro 2012 Kembali Jadi Sorotan

Rasisme di Euro 2012 Kembali Jadi Sorotan

SERAMBINEWS.COM â?? Kekhawatiran terjadinya tindakan rasis dirasakan oleh tim Inggris. Mulai dari pelatih, pemain, dan mantan pemain Inggris tak ingin beberapa pemain mereka yang berkulit hitam menjadi sasaran ledekan tindakan rasis.


Di antara skuad Three Lions, ada banyak pemain kulit hitam seperti Theo Walcott, Alex Oxlade, Danny Welbeck, Jermain Colin Defoe, dan lain-lain. Kekhawatiran mereka bukan tanpa alasan karena serangan ejekan rasis memang sudah terjadi.


Di hari pertama Euro 2012, Theodor Geber Selassie, pemain belakang dari Republik Ceko mendapat ledekan berbau rasis yaitu dengan diteriaki suara-suara menyerupai suara monyet saat ia bertanding melawan Rusia.


Namun sulit untuk menindak pelaku karena hanya sebagian kecil dari ribuan penonton di stadion. Ini merupakan serangan kedua (tindakan rasis) yang dilakukan. Yang pertama terjadi saat pemain Belanda latihan di Krakow, Polandia.


Di antara pemain Belanda yang berkulit hitam adalah Jetro Willems, pemain belakang berusia 18 tahun yang memperkuat PSV Eindhoven. Jetro Willems sendiri seperti menutup kasus yang terjadi saat latihan dan ia mengatakan tak mendengar apapun.


Melalui akun twitternya, Rio Ferdinand yang tak jadi gabung di tim Inggris mengungkapkan perasaan prihatin dengan tindakan rasis terhadap pemain. Ia tak ingin kejadian yang dialami beberapa pemain Belanda dialami juga oleh pemain Inggris.


"Ceritakan padaku kejadiannya, saya tak tahu bagaimana kejadian ini bisa terjadi.. tim Belanda sudah mengalaminya (serangan tindakan rasis)? Penyelenggara turnamen perlu mencegahnya secepat mungkin dan harapannya hal ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang," katanya dengan akun twitter memakai nama Rio Ferdinand ?@rioferdy5.


UEFA mengkonfirmasi bahwa skuad Belanda sudah ada yang menjadi korban ledekan rasis saat latihan sebelum pertandingan Belanda melawan Denmark di Krakow.


Sedangkan Inggris akan bertanding melawan Prancis di Dontesk, Senin (11/6/2012). Sebelum perandingan, pelatih Inggris, Roy Hodgson berharap para pemain Inggris siap menghadapinya. "Ada resiko terjadinya serangan rasis dan kita harus siap menghadapinya," katanya. (mba)

-----

Liputan Khusus Euro 2012 di Tribun Jakarta

Baca Juga Berita Piala Eropa 2012 lainnya

Pernak-pernik dan Laporan Langsung dari Euro 2012


0 comments:

Post a Comment

Copyright 2011 Pilkada Aceh - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore