Friday, October 5, 2012

Hama Antraks Serang Kakao

Hama Antraks Serang Kakao

BLANGKEJEREN - Tanaman kakao di sentra produksi Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues diserang penyakit antraks (isi buah keras dan sebagian busuk). Serangan hama ini telah terjadi sejak dua bulan terakhir, tetapi belum ada penanggulangan dari pihak terkait.

“Dalam beberapa bulan terakhir ini tanaman kakao diserang penyakit antrak, sehingga harga terus turuna,” kata Mahmud, salah seorang petani kakao di Kecamatan Putri Betung, kepada Serambi, Kamis (4/10) kemarin. Dia mengatakan para petani kakao mulai mengeluhkan serangan penyakit tersebut, walau telah dicoba dengan obat-obatan, tetapi tetap gagal.

Dia menyatakan para petani juga mulai pasrah dengan kondisi tersebut dan berharap pihak terkait dapat menanggulangi kondisi ini. Hal serupa juga diutarakan petani kakao di Kecamatan Pining yang juga mengaku juga diserang hama antrak dalam beberapa bulan terakhir ini.

Sehingga para petani terpaksa membiarkan buah kakao kering di batangnya. “Kalau dipanen, buah kakao itu busuk, sehingga lebih baik dibiarkan saja kering di batang,”sebut Samuin dibenarkan beberapa petani kakao lainnya

Sementara, harga buah coklat atau kakao di Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues (Galus) turun, dari Rp 20.000 menjadi Rp 17.000-Rp 18.000/kg.(c40)

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2011 Pilkada Aceh - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore