Wednesday, September 26, 2012

Minta Hujan, Petani Tarung dan Shalat Istisqa

Minta Hujan, Petani Tarung dan Shalat Istisqa

SERAMBINEWS.COM - Puluhan petani Desa Sudimulyo, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur menggelar tradisi ojung dan melakukan shalat Istisqa di atas sawah kering Rabu (26/9/2012).

Mereka berdoa agar hujan segera turun karena selama enam bulan terakhir lahan pesawahan mengalami kekeringan dan tak bisa ditanami. Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari mereka mengandalkan kiriman air bersih dari Pemkab Pasuruan yang sangat terbatas.


Sebelum shalat Istisqo atau minta hujan, sejumlah perangkat desa bersama petani menggelar tradisi ojung atau tarung dengan menggunakan sebatang kayu rotan. Selama gelaran ojung, setiap peserta harus telanjang dada. Meski sakit akibat terkena pukulan kayu rotan bagi mereka tidak masalah. Bagi mereka tradisi ojung memang sengaja digelar guna mengundang warga lainnya.


"Ya, tidak apa-apa, asal petani bisa guyub (rukun) meski kita tidak memanen," ungkap Mhali, salah satu petani. Usai gelaran ojung, mereka melanjutkan dengan shalat istisqa dengan menggelar alas di atas area persawahan yang gersang. Di bawah terik sinar matahari, mereka pun terus memanjatkan doa kepada Tuhan untuk segera menurunkan hujan.


Para petani mengaku selama enam bulan terakhir ini tidak bisa bercocok tanam. Pesawahan dan ladang yang menjadi andalan mereka, kering tidak bisa ditanami. Bahkan untuk kebutuhan pakan ternak sapi, mereka harus menggunakan rumput kering. Sedangkan untuk kebutuhan air bersih dan air minum, mereka hanya mengandalkan bantuan 2 tangki kiriman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Pasuruan.


"Dan itu jumlahnya terbatas. Karena air tersebut harus dibagi rata di setiap dusunnya. Dan dari 15 desa, sekitar enam desa yang mengalami kekeringan," ujar Edy Purwanto, ketua Kelompok Tani Kecamatan Nguling.

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2011 Pilkada Aceh - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore