Friday, August 3, 2012

Berwudhulah Sebelum Buka Puasa

Berwudhulah Sebelum Buka Puasa

SERAMBINEWS.COM - Berwudhu itu mustahab (disukai) setiap saat. Apalagi saat berbuka puasa karena berbuka puasa adalah bagian dari ibadah puasa.

Demikian dikatakan Ustad Faturahman. Namun diingatkannya setelah makan dan minum sebaiknya mulutnya dibersihkan dari sisa makanan yang dapat membuat salat tidak khusyuk.


Jika berwudhu dilakukan sebelum berbuka puasa agar tidak berebutan hingga menyebabkan salat tertunda, maka itu dianjurkan.  Berwudhu sebelum masuknya waktu salat termasuk bagian dari orang yang memperhatikan salat.


Hadis Rasulullah SAW: Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Sukakah engkau semua kalau saya tunjukkan akan sesuatu amalan yang dapat melebur semua kesalahan dan dengannya dapat pula menaikkan beberapa derajat?" Para sahabat menjawab, "Baiklah, ya Rasulullah." Beliau lalu bersabda, "Yaitu menyempurnakan wudhu,  sekalipun menemui beberapa hal yang tidak disenangi seperti terlampau dingin dan sebagainya, banyaknya melangkahkan kaki untuk ke masjid dan menantikan salat sesudah melakukan salat. Itulah yang dapat disebut ribath, perjuangan menahan nafsu untuk memperbanyak ketaatan pada Tuhan." (Riwayat Muslim).


Dengan demikian, orang yang berbuka puasa dan ia dalam keadaan berwudu, tentu tidak membatalkan wudhunya dan bahkan ia dapat segera mendirikan salat Magribnya.


0 comments:

Post a Comment

Copyright 2011 Pilkada Aceh - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore